Kamis, 21 Oktober 2010

SBY Tanam Jabon Merah di Padalarang

Aksi ini terkait Gerakan Penanaman serentak One Man One Tree atau satu orang satu pohon.


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional 2009. Dalam acara ini presiden memimpin penanaman pohon secara simbolik yang beralangsung di Desa Cimerang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung.

Dalam pelaksanaan Gerakan Penanaman serentak One Man One Tree atau satu orang satu pohon. Presiden menanam pohon Jabon Merah (Anthocephalus macro phylus) dan istrinya, Ani Yudhoyono menanam pohon Jabon Putih.

Presiden memimpin penanaman secara simbolik dengan menanam bibit pohon jabon merah  yang diikuti serentak oleh 200 undangan di lokasi, dan diikuti oleh peserta sebanyak 1.000 orang untuk menanam pohon serentak.

Penanaman pohon tersebut dilakukan di tengah-tengah perumahan mewah di Kompleks Bumi Parahiangan Bandung Barat. Menurut Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, lokasi tersebut merupakan daerah tangkapan air untuk Bendungan Saguling yang bermanfaat sebagai pembangkit tenaga listrik, perikanan, rekreasi. Penanaman pohon ini berfungsi menekan tingkat sedimentasi.

Menurut dia sejak 2007 lalu, sebanyak 195,4 juta pohon telah ditanam dari rencana 179 juta pohon. Sementara Gerakan Perempuan Tanam Pohon telah menanam 32,4 juta pohon dari rencana 15 juta pohon.

Beberapa tanaman yang dipersiapkan dalam kegiatan ini antara lain jabon merah, jabon putih, mahoni, manglid, damar, akasia mangium, dan lain-lain. Bahkan SBY sendiri bersedia menyumbang 400 ribu pohon trembesi untuk masing-masing provinsi.

Selasa, 8 Desember 2009, 16:13 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar